Remahan.com

Berikut 10 Orang Terkaya di Dunia Tahun 2020

REMAHAN.com - Berbicara soal orang kaya berpengaruh di dunia itu ada banyak. Jeff Bezos misalnya, dia merupakan seorang pebisnis profesional yang menjadi bos utama dari Amazon. Amazon ini adalah website e-commerce atau belanja online yang selama beberapa tahun ini menjadi yang terpopuler di dunia. Dan tentu, selain Jeff, masih ada sederet orang kaya lain yang kekayaan serta pengaruhnya sangat besar di dunia. Siapa saja mereka? Berikut orang terkaya dunia yang datanya diambil dari Februari 2020.

Mukesh Ambani - 67 Milyar USD

Mukesh Ambani menjadi satu-satunya orang India yang namanya berhasil masuk dalam daftar milyarder berpengaruh di dunia. Diketahui bahwa Mukesh Ambani mengelola sebuah perusahaan shareholder bernama Reliance Industries Ltd. Dan di dalam perusahaan tersebut terdapat 500 perusahaan besar dan ternama yang ada di India.

Bersama Reliance Industries, Mukesh Ambani meraup keuntungan yang besar dari berbisnis minyak dan gas. Perusahaan Reliance sendiri sebenarnya bukan murni hasil kerja keras Mukesh. Perusahaan tersebut pertama kali didirikan oleh ayahnya yang bernama Dhirubhai Ambani, Setelah ayahnya meninggal dunia, perusahaan tersebut diturunkan ke Ambani dan adiknya yang bernama Anil.

Larry Page - 67 Milyar USD

Baca: Pekerja Informal Ditengah Lockdown India

Larry Page adalah milyader terkenal dan berpengaruh di dunia. Dirinya bekerja sama dengan Sergey Brin dan membangun Google. Begitu tahu perusahaan apa yang ia pegang, kalian pasti sudah tidak kaget lagi. Google yang merupakan perusahaan multinasional teknologi terbesar ini menyediakan servis dan produk yang berkaitan dengan dunia teknologi, search engine, cloud computing, software, dan hardware.

Google bersama dengan Amazon, Apple, dan Facebook, mendapat julukan The Big Four di dunia teknologi. Di tahun 2019, Larry Page resign dari posisi CEO Alphabet (parent dari perusahaan Google). Meski begitu, Larry Page tidak benar-benar keluar dari perusahaan. Dirinya masih tetap bekerja disana dengan duduk di kursi pemegang saham dan board member.

Sergey Brin - 68 Milyar USD

Bersama dengan Larry Page, mereka berdua mendirikan perusahaan Alphabet yang kemudian bertransformasi menjadi Google. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, perusahaan Google adalah perusahaan teknologi terbesar yang ada di dunia. Sergey Brin dan Larry Page sama-sama memimpin Google dari awal mula berdiri hingga akhirnya mereka berdua mundur pada tahun 2019.

Masih sama dengan Larry Page, mereka berdua tidak betul-betul keluar. Sergey Brin masih aktif sebagai board member dan pemegang saham dari Google. Total kekayaannya ditaksir mencapai angka 68 milyar USD. Menurut berita yang beredar, Sergey Brin kini sedang fokus dengan projeknya yakni menciptakan sebuah pesawat udara super canggih.

Baca: Keluar Beli Susu Saat Lockdown, Pria di India Tewas Dikeroyok

Carlos Slim Helu - 72 Milyar USD

Meski dirinya menjadi orang terkaya di Meksiko, tapi apabila dibandingkan dengan para milyarder dunia lainnya, Carlos Slim Helu hanya bisa mengamankan posisi 7. Tapi bukan berarti uangnya sedikit loh. Sebanyak 72 milyar USD total kekayaan yang ia miliki. Kekayaan yang ia miliki berasal dari bisnis yang ia jalani.

Beberapa perusahaan besar di Meksiko, dipegang olehnya. Semua perusahaan besar tersebut dikumpulkan dan membentuk sebuah perusahaan konglomerat yang dinamakan Grupo Carso. Sumber pendapatan terbesarnya adalah dari bisnis mobile telecom. Perusahaan telekomunikasi tersebut dikelola oleh Carlos dan keluarga besarnya.

Armancio Ortega - 81 Milyar USD

Kalian yang sering jalan-jalan ke mall apakah pernah melihat toko pakaian Zara? Zara adalah toko pakaian dan aksesoris terkenal yang berasal dari Spanyol. Perusahaan Zara ini didirikan dan dipimpin oleh seorang pria yang juga berasal dari Spanyol yaitu Amancio Ortega. Ortega ini adalah pendiri dan ex chairman dari Indite Fashion Group.

Baca: Kebakaran Hutan Tewaskan 19 Orang

Amancio Ortega mengelola perusahaannya tersebut dengan sangat apik. Kalau tidak, dirinya tidak akan berada dalam daftar ini. Sebagai sosok penting di dunia fashion, Amancio Ortega tidak bekerja sendirian, ia dibantu dengan mantan istrinya saat itu yakni Rosalia Mera yang kini sudah tiada pada 2013. Sebanyak 60% perusahaan berada di naungan Inditex, seperti Massimo Dutti dan Pull & Bear.

Mark Zuckerberg - 84 Milyar USD

Pengguna sosial media Facebook harusnya sudah tidak asing dengan Mark Zuckerberg. Dirinya adalah sosok sentral berdirinya sosial media paling populer dunia saat ini. Berada di urutan 5, kekayaan Mark Zuckerberg tercatat mencapai angka 84 milyar USD. Kekayaannya tersebut sempat merasakan naik turun karena sejumlah masalah yang ia hadapi.

Seperti yang terjadi di tahun 2019, dirinya mendapat banjir kritik keras karena sosial media buatannya dibanjiri dengan hoax atau berita palsu. Atas masalah tersebut, Mark langsung mengambil tindakan dengan melakukan pembaruan di Facebook yang bisa mendeteksi berita hoax. Didirikan pada tahun 2004 dan masih aktif hingga sekarang, berarti Facebook sudah menemani kita selama 16 tahun dengan pengguna lebih dari 2,3 milyar orang di seluruh dunia.

Warren Buffett - 102 Milyar USD

Baca: Pria Tertua di Dunia Versi GWR

Berbicara soal umur, Warren Buffett memang bukan pria muda lagi. Umurnya sudah menginjak 89 tahun, namun dirinya masih tetap bisa bertahan dalam daftar orang terkaya dunia. Dan kali ini, dia kembali masuk dengan duduk di urutan 4. Total kekayaan yang dimilikinya diperkirakan mencapai 102 milyar USD.

Warren Buffett membuktikan bahwa usia tua tidak menjadi penghalang dirinya dalam berbisnis. Semakin tua, dirinya malah semakin bertambah pengalaman. Warren Buffett mengelola Berkshire Hathaway, sebuah perusahaan yang berisikan para konglomerat dunia. Setidaknya ada 60 perusahaan besar bernaung di Berkshire Hathaway. Termasuk di dalamnya ada Geico, Duracell, dan Dairy Queen.

Bill Gates - 106 Milyar USD

Beberapa pekan di bulan Februari 2020, posisi 2 menjadi kursi panas yang diperebutkan oleh 2 sosok milyader dunia yakni Bill Gates dan Bernard Arnault. Hasilnya, Bill Gates harus merelakan posisi 2 pada Bernard Arnaul dan dirinya hanya bisa duduk di posisi tiga. Meski begitu, kekayaan Bill Gates tetaplah bisa membuat orang tercengang. Ia memiliki kekayaan sebesar 106 milyar USD.

Bukan orang biasa, Bill Gates adalah sosok penting dibalik perusahaan Microsoft. Bersama dengan istirnya, Bill dan Melinda tidak cuma mengelola perusahaan Microsoft, tapi juga membangun sebuah lembaga amal. Lembaga amal ini memiliki misi untuk membantu kesehatan seluruh orang di dunia. Dari hasil keuntungan di Microsoft, Bill Gates ditengarai menyumbangkan sebagian besar ke dalam lembaga amal yang ia bangun tersebut.

Baca: Malaysia Gratiskan Internet dan Diskon Tagihan Listrik

Bernard Arnault - 107 Milyar USD

Bernard Arnault berhasil mengalahkan Bill Gates dengan menempati urutan 2 orang terkaya dunia tahun 2020. Kemenangannya bisa dibilang tipis, Bill Gates dengan total kekayaan 106 milyar USD kalah dari Bernard Arnault dengan kekayaan 107 milyar USD. Hanya selisih 1 milyar USD. Profesi apa yang dilakukan oleh Bernard hingga ia bisa mengalahkan Bill Gates?

Bernard Arnault adalah seorang pebisnis profesional sekaligus kolektor seni. Perusahaan fashion Louis Vuitton, Bernard Arnault adalah pemimpinnya. Dengan banyaknya orang yang berbelanja busana dari brand Louis Vuitton, otomatis Bernard Arnault mengalami peningkatan pendapatan. Kaya bukan berarti membuatnya sombong. Bernard pernah menyumbang dana yang cukup besar untuk perbaikan Gereja Katedral Notre Dame di Paris yang mengalami kebakaran hebat pada pertengahan April 2019.

Jeff Bezos - 140 Milyar USD

Sudah beberapa tahun belakangan ini posisi pertama orang terkaya dunia masih tetap dipegang oleh Jeff Bezos. Siapa pula yang tak kenal dirinya? Dirinya adalah pemimpin dari website e-commerce raksasa yakni Amazon. Semakin banyak orang mengakses Amazon dan berbelanja disana, turut memberikan suntikan dana ke pundi-pundi Jeff.

Baca: Menteri Keuangan Di Jerman Bunuh Diri, Khawatir Dampak Corona

Perusahaan Amazonnya ini telah didirikan oleh Jeff Bezos sejak tahun 1994. Bermula di garasi, sekarang perusahaannya telah maju sedemikian pesat hingga bisa membuat kekayaan Jeff Bezos mencapai 140 milyar USD. Di tahun 2019, dunia dikejutkan dengan cerainya Jeff Bezos dengan sang istri, MacKenzie. MacKenzie mendapatkan sejumlah persen saham Amazon dari pemberian Jeff Bezos. Rm

112 0

Artikel Terkait

Klaim Belum Ada Kasus Corona, Ini Keterangan Dubes Korut
Klaim Belum Ada Kasus Corona, Ini Keterangan Dubes Korut

Global

Klaim Belum Ada Kasus Corona, Ini Keterangan Dubes Korut

Striker Real Madrid Kabur dari Isolasi Corona
Striker Real Madrid Kabur dari Isolasi Corona

Global

Striker Real Madrid Kabur dari Isolasi Corona

Anjing di Hongkong Positif Virus Corona
Anjing di Hongkong Positif Virus Corona

Global

Anjing di Hongkong Positif Virus Corona

Artikel Lainnya

Batuk-batuk saat Pidato, Sakit Apa PM Jepang Shinzo Abe?
Batuk-batuk saat Pidato, Sakit Apa PM Jepang Shinzo Abe?

Global

Batuk-batuk saat Pidato, Sakit Apa PM Jepang Shinzo Abe?

PM Ukraina Kembali Ajukan Pengunduran Diri Kedua Kalinya
PM Ukraina Kembali Ajukan Pengunduran Diri Kedua Kalinya

Global

PM Ukraina Kembali Ajukan Pengunduran Diri Kedua Kalinya

Keberhasilan Vietnam Atasi Kasus Virus Corona, Semua Pasien Sembuh
Keberhasilan Vietnam Atasi Kasus Virus Corona, Semua Pasien Sembuh

Global

Keberhasilan Vietnam Atasi Kasus Virus Corona, Semua Pasien Sembuh

Komentar